Apa Itu Bad Sector Pada Hardisk ?, Apa Penyebab Bad Sector

Hallo Kembali lagi di 4Tall Blog, pada dunia komputer kita sering mendengar kata Bad Sector pada hardisk lalu apa kalian tahu apa itu Bad sector ?



Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data.

penyebab Hardisk Bad Sector :

1. Mematikan komputer tidak secara normal melalui tombol Shut down

keteledoran pengguna pemula sering mematikan komputer langsung mencabut kabel power atau tombol power on-off. 

2. Tidak pernah dilakukan Harddisk Defrag
tumpukkan file-file lama dan baru sering tidak teratur, ibaratnya rumah semua perabotan berantakan tidak pada mestinya, begitu juga hkinerja harddisk akan menurun, proses loading berat.

3. Fisik harddisk yang sudah tua perlu diganti
harddisk yang sudah melewati 5 tahun dengan pemakaian tinggi sudah terbilang udzur dan perlu peremajaan, Seringnya harddisk tua bermasalah pada sectornya.

4. Tegangan yang overload
Penggunaan tegangan yang normal dari power supply yang baik turut serta memperpanjang usia agar terhindar dari harddisk bad sector

5. Terjatuh atau goncangan
saat anda melepas harddisk keluar dari casing CPU pastikan anda tidak menaruh dan meletakkannya secara sembarangan. Jangan sampai harddisk terjatuh atau terguncang keras.

6. Dekat dengan magnet
Hindari area bermedan magnet tinggi seperti Speaker aktif, Ponsel, Magnet , dan lain sebagainya. Induksi kuat dari magnet penyebab hilangnya data anda secara permanen.


jadi cara agar Hadisk kalian tidak Bad Sector adalah Menghindari semua yang menyebabkan Hadisk Bad Sector Diatas

sekian dari saya, semoga Bermanfaat

jangan lupa komen ya gan, baca juga artikel yang lainnya di 4Tall Blog

tag: 
- PC 
- tips trik dan review

12 comments:

  1. Baru tau kalau hard disk tidak boleh dekat dengan magnet, makasih gan atas infonya

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah ngalami kyk gitu, kalo gak salah file bs dibackup ulang pake software cm lama banget smpe smaleman.

    ReplyDelete
  3. akhirnya ane tau thanks gan infonya

    ReplyDelete
  4. allhamdulilah slm punya komputer ga pernah ada Bad sector, namun artikel ini sangat bermanfaat utk seputar pengetahuan ttg bad sector pada hardisk, trimakasih artikelnya gan

    ReplyDelete
  5. wah.. ini nih yg sering terjadi di laptop sy.. thanks infonya min.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. info yang menarik...makasi ya gan..sudah berbagi

    ReplyDelete
  7. Mantap gan stelah coba defrag loading agak cepat

    ReplyDelete
  8. Oh ini jadi penyebab hardisk bad sektor. harus hati" gua.

    ReplyDelete
  9. hmm dari hal-hal yang sederhana bisa membuat gua keluar duit ke tukang servis PC.

    ReplyDelete
  10. Hardiisk saya belum pernah error tapi pernah mengalami di flashdisk...

    ReplyDelete
  11. perlu perawatan khusus secara berkala

    ReplyDelete

Irfan Dharmawan. Powered by Blogger.